Monday, February 11, 2019

Pengalaman Mengikuti Tes di PT Indocyber Global Teknologi Part II


Pada artikel sebelumnya, saya telah membagikan cerita mengenai pengalaman mengikuti seleksi di PT Indocyber Global Teknologi pada tahap technical test. Kali ini saya akan menceritakan mengenai tahap selanjutnya, sekaligus tahap akhir untuk bisa mengikuti kelas bootcamp, yaitu interview
Interview dilaksanakan setelah 5 hari saya melaksanakan technical test. Interview dilaksanakan di gedung yang sama dimana tes yang sebelumnya dilaksanakan. O iya, saya melakukan interview dengan pihak HRD yang sebelumnya saya hubung lewat chat WA seperti yang saya ceritakan pada part I.

Oke langsung saja. Interview kali ini sedikit berbeda dengan interview yang pernah saya lewati sebelumnya. Interview yang pernah saya lewati lebih banyak menggali informasi tentang diri kita dengan pertanyaan yang sama, dan pertanyaan yang sering ditanyakan. Pada interview kali ini cukup berbeda. Interviewer lebih banyak bercerita mengenai bagaimana nantinya ketika bootcamp dilaksanakan. Tentunya beliau juga menanyakan kesiapan saya, apakah sanggup untuk mengikuti bootcamp mengingat background saya yang bukan dari IT. Beliau menceritakan bagaimana kegiatan peserta bootcamp yang cukup berat, mempelajari banyak hal yang dipadatkan hanya menjadi beberapa bulan saja. 

Saya juga harus semakin memantapkan hati setelah HRD menjelaskan mengenai sistem bootcamp yang akan dilaksanakan. Setelah menjalani bootcamp selama beberapa bulan, maka kita akan ditempatkan di perusahaan client ataupun di Indocyber itu sendiri, dengan masa percobaan selama 6 bulan dan kontrak selama 2 tahun. Kita juga akan dikenakan denda jika melanggar kontrak, nsmun bukan itu yang membuat saya ragu. Selama bootcamp akan ada sistem gugur dengan diadakan tes bagi peserta. Jika tidak mampu melewati tes tersebut, maka akan langsung di cut dan tidak bisa mengikuti tes kembali.

Mendengarkan penjelasan dari HRD cukup membuat nyali saya ciut. Bagaimana tidak, saya harus bisa menguasai banyak hal di bidang yang belum pernah saya temui sebelumnya. Namun setelah melihat raut wajah saya yang terlihat ragu-ragu, HRD tersebut memberikan motivasi dan dukungannya kembali agar saya tidak usah takut dengan apa yang akan saya hadapi. Saya bukanlah orang pertama yang menjadi peserta bootcamp yang bukan berasal dari background IT. Beliau juga mengatakan bahwa pada bootcamp sebelumnya, peserta yang berasal dari jurusan meteorologi mendapatkan nilai tertinggi. Mendengar hal tersebut membuat saya sedikit lega. Setidaknya bisa memotivasi saya dan saya berfikir akan ada kesempatan yang baik untuk saya. Saya juga merasa senang karena HRD mengatakan bahwa saya nilai yang saya dapatkan dari technical test sebelumnya bisa mengungguli teman-teman lain yang berasal dari IT, sehingga saya diloloskan dan beberapa dari teman-teman peserta technical test yang nilainya tidak memenuhi terpaksa tidak bisa lanjut ke tahap berikutnya. 

Saya juga dijelaskan mengenai benefit yang akan diperoleh selama training. Jika pada training lainnya kita yang harus membayar, training kali ini kita akan diberikan uang saku yang dihitung perhari sesuai dengan jumlah kehadiran. Yah, jumlahnya pun cukup lumayan walaupun tidak bisa dibilang besar juga.

Saya juga diperlihatkan kontrak dan membacanya. Kontrak tersebut isinya sesuai dengan penjelasan yang telah diberikan sebelumnya. HRD memberikan waktu kepada saya untuk memikirkan kembali apakah saya memutuskan untuk bergabung atau cukup sampai disini saja. Jika saya memutuskan untuk lanjut, maka saya akan bergabung pada bulan Februari akhir atau Maret awal.

Setelah melaksanakan interview, saya melakukan searching di google untuk mencari review mengenai perusahaan ini. Namun sayang, tidak ada yang menuliskan review secara lengkap. Hanya review singkat yang saya temukan di k*skus. Ini juga menjadi motivasi saya menceritakan pengalaman saya tes di perusahaan ini, agar teman-teman yang membutuhkan bisa merasa terbantu dengan tulisan saya. 

Oke lanjut, dengan berbekal restu dan dukungan penuh dari keluarga, saya memutuskan untuk bergabung. Bad news, atasan saya di tempat saya magang tidak memberikan izin jika saya bergabung dengan perusahaan ini, karena kebetulan beliau memiliki background IT. Saya tidak tau alasannya, namun mungkin atasan saya khawatir saya tidak bisa survive dan mempengaruhi karir saya kedepannya. Cukup membebani juga sebenarnya. Akhirnya saya menghubungi HRD dan meminta untuk bergabung dengan batch selanjutnya yang akan dilaksanakan bulan April. Syukurlah HRD bisa mengerti. Bahkan beliau memberikan masukan kepada saya untuk belajar lagi selama magang agar tidak kaget ketika bootcamp dimulai. 

Baik, sekian dari cerita kali ini. semoga teman-teman bisa memetik hikmah dan pelajaran dari tulisan saya ini. Saya juga berharap tulisan saya ini bisa membantu teman-teman terutama yang mengalami nasib yang sama dengan saya. Insyaallah kegiatan pada bootcamp secara garis besar akan saya tuliskan juga sebagai acuan bagi teman-teman.

Wassalam..

43 comments:

  1. akhirnya jadi ikut bootcamp gk ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bulan depan rencananya

      Delete
    2. assalamualaikum boleh tau info soal nya gak? terima kasih

      Delete
    3. Mba akhirnya jd ikutan bootcamp?

      Delete
    4. gimana mbak, jadi ikutan bootcamp?

      Delete
  2. Halo kak mau nanya, memang sedang magang di perusahaan dan bagian apa kalau boleh tahu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. PM kemana? ada nomor telfon kah? saya mau nanya nanya nih hehe

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Dear, mba. technical testnya membahas tentang apa saja ya? saya juga dipanggil utk test pada perusahaan ini. terimasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pm jg nggak terkait technical testnya?

      Delete
    2. Mau pm caranya gmn ya? Hehe

      Delete
    3. selamat malam kak, kalo tidak keberatan saya juga mau terkait Technical test nya. terima kasih banyak

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Assalamualaikum.. pengen nanya soal bootcamp, apakah kita di sediakan tempat tinggal untuk masa training?

    ReplyDelete
  7. Halo, mau nanya dong untuk soal-soal technical test membahas apa aja ya?

    ReplyDelete
  8. kak besok saya mu test juga di sana mohon bantuannya kak refrensi soalnya pliss kak

    ReplyDelete
  9. Replies
    1. Halo, kalo masih ingin tanya2, bisa DM IG aja ya di cejanuari

      Delete
  10. Halo ka, kalo boleh tau untuk soal technical test nya seperti apa ya? Boleh di pm? Terima kasih

    ReplyDelete
  11. Untuk soal techinical test nya itu seperti apa kak?Trs gimana kakak jadi ikut bootcamp nya?

    ReplyDelete
  12. Kak Aku juga mau tanya testing test interview dong kak.. Boleh kak?

    ReplyDelete
  13. Mau nanya-nanya sama author nya boleh minta kontak???

    ReplyDelete
  14. jadi sekarang udah lulus bootcamp ya? Ceritakan dong pas bootcamp dan setelahnya. Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo sayang banget saya gak lolos, nanti saya update di tulisan terbaru aja ya kalo sempet

      Delete
  15. lalu ini ikut bootcampp terus lolo gakk, ane bingungg niii, mana lagi covid gini, and bentrol dengan outcosing udah keburu ikut interview juga, tapi di indocyber susah bener itu tantangannya.

    ReplyDelete
  16. Hari senin besok ada yg test online ga di indocyber ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak gimana technical test nya? Test tulis atau kyk interview gitu?

      Delete
  17. udah hampir 3 bulan pasca test gak ada kabar lagi dari HRD Indocyber :D
    ada yg sama dengan saya?

    ReplyDelete
  18. kisi kisi dikit dong, untuk test query nya apa aja kira kiraa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak, kakak Judah ikut test bootcampya engga ?

      Delete
    2. Kaka udah sampe tahap selesai interview belum? Aku agak2 ragu dan ga yakit soalnya wkwk

      Delete
  19. Ka boleh tau setelah lanjut di masa training 4bulan itu bagaimana?

    ReplyDelete
  20. Halo ka, kalo boleh tau untuk soal technical test nya seperti apa ya? Kebetulan saya besk akan technical test. Terima Kasih

    ReplyDelete
  21. Halo, Kak. Jadi gimana? Sudah ikut bootcamp-nya? Penasaran penagalamannya.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih kak atas cerita pengalamannya, saya sedang menunggu info interview selanjutnya, semoga lolos di tahap ini, nanti saya juga akan berbagi pengalaman :-)

    ReplyDelete