Tuesday, May 5, 2020

Tampil Kece dengan Branded Fashion Tanpa Menguras Kantong? Bisa Banget Kok!


Siapa di sini pecinta pakaian atau fashion stuff lainnya dengan merk H&M, Pull&Bear, Mango, Champion dan sejenisnya? Daya tarik produk-produk branded memang gak usah diragukan lagi, terutama produk yang berbau fashion. Rasanya seperti ada kebanggaan tersendiri ya ketika menggunakannya. Apalagi jika produk tersebut sering digunakan oleh publik figur atau idola kita sehingga semakin meningkatkan minat untuk memilikinya.

Namun yang namanya barang branded atau barang dengan merk terkenal tentunya mematok harga yang tidak sedikit. Hal tersebut menjadi kendala bagi sebagian orang untuk memilikinya.

Eitss, buat kalian yang tetap ingin stylist dengan menggunakan branded fashion namun tidak ingin menguras kantong, membeli barang-barang rijek/reject ataupun produk sisa eksport bisa jadi solusinya!

Apa sih barang rijek/reject?

Ketika suatu barang diproduksi di pabrik, tentunya ada proses QC atau pengecekan kualitas dari barang tersebut apakah layak eksport atau masuk store resmi atau tidak.

Jika terdapat kerusakan atau cacat/defect seperti bolong, jahitan yang tidak rapi, noda, atau sablon yang tidak sempurna, biasanya tidak akan diloloskan untuk masuk store. Barang-barang yang tidak lolos QC tersebut dimanfaatkan oleh pengepul barang rijek untuk menjual bebas diluar, namun biasanya mereka mencopot ataupun mencoret merk aslinya. Walaupun terdapat kerusakan, namun tentunya masih ditolerir untuk digunakan karena biasanya tidak begitu signifikan atau tidak terlihat.

Tapi bukan hanya produk yang gak lolos QC aja lho! Banyak juga produk-produk yang gagal eksport akibat kelebihan produksi sehingga tidak akan ditemukan defect pada produk tersebut.

Wah, menarik juga ya kita bisa memiliki koleksi barang branded dengan harga jauh dibawah store resmi. Namun, rasanya masih percaya gak percaya, sehingga saya melakukan research mengenai harga apa benar harganya jauh lebih murah dibanding harga store, dan ternyata bisa dibuktikan juga lho!

Ini contoh perbandingannya

Harga sweatshirt H&M berdasarkan website resmi
Harga sweatshirt H&M dari salah satu seller produk rijek

Bisa dilihat, produk yang dijual pada website resmi maupun store dibanderol seharga Rp 499.900 sedangkan jika dilihat dari harga yang diberikan oleh salah satu seller produk rijek yang tidak mencapai setengah harga, tentunya cukup jauh perbandingannya ya. Belum puas saya dengan hanya membandingkan harga, sayapun penasaran dengan produk aslinya dengan membeli beberapa pakaian dari seller tersebut.

Taraaa

Inilah beberapa baju yang saya beli dari online shop yang menjual produk branded dengan harga yang sangat terjangkau dan tentunya kualitas yang serupa dengan store.

1. H&M Silky Shirt 
Untuk harga store dibanderol dengan harga Rp 399.000, namun saya mendapatkannya seharga 80 ribuan saja. 

Untuk label dan tagwashnya pun masih lengkap serta tidak ditemukan defect sma sekali


Tidak seperti bayangan saya ketika menggunakan pakaian ini yang akan terasa panas dan tidak nyaman, ternyata bahan yang digunakan sangat halus dan cocok digunakan sehari-hari maupun untuk menunjang penampilanmu saat bekerja.

2. Forever21 Sweatshirt

Saya membeli di toko yang sama, dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan silky shirt yang saya beli.

Mungkin modelnya tidak begitu wah karna memang lebih cocok digunakan sehari-hari, namun ketika digunakan bahannya sangat nyaman dan adem.

Sama seperti baju sebelumnya, label dan tagwash juga masih lengkap serta tidak ditemukan defect pada pakaian.

Namun sayangnya saya tidak menemukan harga jual pada counter resmi sehingga tidak diketahui berapa jauh perbedaannya.

Di luar ekspektasi saya, ternyata bahan yang digunakan, harga yang dipatok serta kondisi barang yang mulus membuat saya puas membeli barang-barang ini. Ya walaupun tidak bisa dipungkiri bahwa saya beruntung mendapatkan barang yang mulus dan tanpa cacat, karena memang ada beberapa barang yang kondisinya tidak 100% mulus.

Kepuasan saya terhadap barang-barang tersebut menarik saya untuk mengajak teman-teman yang ingin membeli produk branded fashion namun terkendala oleh dana dengan ikut menjualkan secara online. Yuk buat yang kepo, bisa cek instagram ketjein.project dan jangan sungkan untuk bertanya melalui dm!

Terimakasih telah membaca.

2 comments:

  1. Beli produk defect ini kadang untung2an. Klo sellernya jujur kita bisa dpt produk branded harga miring dg tp msh oke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget mba. Alhamdulillah saya selalu dapat yang bagus sih. Kendalanya cuma pernah salah kirim aja.

      Delete