Wednesday, February 21, 2018

Review #2: Vitacid 0,025%

Assalamualaikum wr. wb

Hai semua.. Pada postingan pertama kemarin aku udah bahas tentang rangkaian skincare pembersih wajah yang aku gunakan setiap hari. Nah pada postingan ini aku mau bahas produk untuk rangkaian perawatan wajah aku juga, tapi mungkin lebih ke produk pengobatan sih.

Siapa sih disini yang punya masalah jerawat membandel? Aku pribadi udah mulai punya masalah jerawat dari kelas 6 SD :'(
Sampai saat ini pun masih sering muncul. Bahkan aku pernah mengalami masalah jerawat terparah selama masa kuliah. Jerawat yang ku alami pada masa itu sangat berbeda dengan yang pernah ku alami sebelum2nya. Semuka penuh jerawat yang rasanya gatel, gede2, pokonya malu deh dan ga pengen ngalamin lagi. Untungnya aku berhasil melewati masa2 suram itu walaupun sampai saat ini jerawat masih menjadi masalah utama di wajah aku.

Nah, ada yang lebih nyebelin lagi setelah munculnya jerawat. Pasti pada tau kan kalo jerawat bakalan ninggalin bekas? Apalagi tangan aku yang bandel abis, suka pegang2 muka dan pencet2 jerawat yang akhirnya meninggalkan bekas baik itu scars (bopeng) atau noda-noda kehitaman. Kesel ga siih, apalagi scars yang bikin wajah aku gak mulus bak rembulan. 

Sebelumnya aku ga percaya kalo scars ga bisa di apa-apain dan udah pasrah aja. Semacam takdir yang harus aku terima. Tapi setelah aku teracuni oleh f*male daily (yang ga kuat iman kayak aku jangan buka forum ini, banyak racun-racun yang bisa bikin kantong bolong. Wkwk) aku menemukan review yang bilang bahwa tretinoin bisa mengurangi scars di wajahnya setelah pemakaian beberapa bulan. 

Tretinoin apa sih? Tretinoin atau retinoid acid adalah turunan derivatif vitamin A yang dipercaya mampu untuk mengatasi permasalahan kulit, terutama untuk mengatasi permasalahan jerawat. Jadi obat ini bisa mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses keringnya jerawat. Obat ini juga berfungsi untuk mengatasi penuaan dini seperti menghilangkan kerutan-kerutan di wajah, bahkan banyak review juga yang bilang kalo obat ini bisa mencerahkan wajah lo.

Balik lagi, setelah baca-baca review penggunaan tretinoin untuk menghilangkan scars, aku jadi penasaran. Apa iya obat ini bisa ngurangin scars? Akhirnya aku coba memakai obat ini dengan merk Vitacid dengan kadar terkecil yaitu 0,025. Fyi aja, tretinoin punya konsentrasi yang berbeda-beda yaitu 0,025; 0,05 dan 0.1. Karena wajah aku scarsnya tidak terlalu parah, aku menggunakan kadar 0,025.



Detail Produk
Bentuknya seperti obat salep berukuran kecil. Krimnya berwarna putih dan cukup kental. Obat ini juga ada yang dalam bentuk gel, tapi mungkin gak di semua kadar. Di jarnya juga ada tulisan harus dengan menggunakan resep dokter. Memang seharusnya konsultasi dulu guys ke dokter sebelum menggunakan obat ini. Tapi kalo aku pribadi cuma bermodalkan nekat dan keyakinan, apalagi obat ini dijual bebas, aku memberanikan diri menggunakan obat ini tanpa konsultasi dulu. 

Cara Pemakaian
Untuk pemakaian pertama kali memang harus dimulai dari kadar terkecil. Kita harus liat efeknya dulu di wajah kita. Kemudian setelah beberapa lama pemakaian dan dirasa tidak ada efek apa-apa ke wajah, baru naikkan kadarnya. Tapi jujur ya guys, sampai saat ini setelah hampir 6 bulan pemakaian aku ga pernah naikin kadar. Aku udah stuck di kadar terkecil karena efeknya udah cukup baik di wajah ku.

Pada awal pemakaian, aku mengoleskan obat ini ke seluruh wajah seperti menggunakan krim malam. Selama beberapa hari pemakaian, wajah aku mengalami pengelupasan dan merah-merah. Tapi jangan kawatir guys, obat ini akan menyebabkan purging. Purging di setiap orang beda-beda sih. Bahkan ada yang jerawatnya mendem muncul ke permukaan wajah, karna memang fungsi obat ini untuk mengeluarkan jerawat yang ada di bawah permukaan wajah. Aku cukup seneng sih muka aku ngelupas. Aku berharap setelah ngelupas akan tumbuh kulit baru dan menyamarkan scars aku. 

Purging setelah beberapa bulan pemakaian
(Maaf ya guys, scars aku ga terlalu keliatan di foto, karna ini udah beberapa bulan pemakaian. Aku lupa foto wajahku sebelum pake vitacid)

Dari foto bisa diliat purging yang aku alami ga begitu parah. Cuma ngelupas dan merah-merah aja. 

Tapi setelah beberapa bulan pemakaian, aku memutuskan untuk mengoleskan jerawat pada spot-spot penting saja seperti jerawat, noda hitam dan scars. Aku lama-lama ga kuat sih sama purgingnya walaupun ga parah. 

WARNING!!
Obat ini harus digunakan pada malam hari ya guys, karena obat ini akan menyebabkan wajah kita sensitif terhadap cahaya, terutama sinar matahari. Bahkan kita sebaiknya tidur dalam keadaan lampu yang sudah dimatikan. Karena efek terhadap matahari kita juga WAJIB JIB JIB pake sunblock dengan spf minimalnya 30. Hindari wajah kita dengan paparan sinar matahari secara langsung, serta hindari juga pemakaian produk yang mengandung pemutih serta alkohol karena akan menyebabkan perih di wajah. Jangan menggunakan make up yang berlebihan juga. 

Hasil Pemakaian
Setelah memakai obat ini selama 6 bulan, aku merasakan perubahan positif di wajah aku. Scars di wajah udah cukup berkurang, mungkin karna scars nya kecil2 dan tidak terlalu dalam, walaupun masih ada beberapa scars yang masih nongol, tapi gak terlalu mengganggu. Aku juga merasakan bahwa mukaku semakin cerah. Bahkan kakakku bilang kalo mukaku putihan, tapi kok putihnya aneh ya.. Hmm ~_~

Tapi ada senengnya juga sih pas aku ketemu sama ipar, sama temenku juga yang udah lama ga ketemu, mereka bilang mukaku halusaaan.. Yeaaaaay senengnya. Aku lebih seneng dibilang halusan daripada cerahan. Karna kalo halusan berarti emang bener scars aku semakin mengecil. 

Ini hasil pemakaian di pipi kiri aku. Selama ini pipi kiri emang sering banget muncul jerawat. Bekas2 yang item masih keliatan, tapi percayalah guys, itu bekas dari jerawat yang baru. Bekas item dari jerawat yang lama Alhamdulillah udah memudar. :-)

Ini hasil pemakaian di pipi kanan aku. Ada noda bekas jerawat juga, tapi ga sebanyak pipi kiri. Idung aku juga masih keliatan ada yang ngelupas.

Sebenernya masih ada scars cuma ga terlalu keliatan di foto. Tapi memang jauh terlihat lebih halus dibandingkan sebelum pemakaian vitacid.

 Oiya sampe saat ini hidung aku masih ngelupas lo, padahal udah lama ga pake di hidung.

Aku udah ada niatan untuk berhenti sih, aku ga pengen menggunakan obat ini dalam jangka panjang karna masih ada pro dan kontra juga. 

Oke sekian dulu review dari aku. Sekali lagi kalo ada kritik, saran atau ada yang ga jelas mohon sampaikan aja di kolom komentar. Terimakasih ^_^

Wassalamualaikum wr. Wb


33 comments:

  1. Pengen sih nyobain ini tapi takut ketergantungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. InsyaAllah ga bikin ketergantungan asalkan berentinya pelan-pelan, jangan langsung stop aja setelah beberapa lama pemakaian.

      Delete
    2. Cara melepaskan dg pelan2 dr ketergantungan vitacid gmn ka? Soalnya mau coba salep ini takutnya pas lepas bikin brekaout dan ketergantungan

      Delete
    3. Intensitas pemakaiannya dikurangi. Misalnya yg dari pake setiap hari, dikurangi jadi 2 hari sekali

      Delete
  2. Aku pakai yg kadarnya 0.05 nih kak. Baru seminggu . Purging nya lumayan bikin sedih😭 kak kk pakai sabun dan bedak apa slm pakai vitacid ini? Pakai toner2 gitu lagi gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang mba, yg pake kadar 0,025 aja purgingnya bisa bikin kesel. Kalo memang ga tahan sama purgingnya coba aja dulu turunin kadarnya.
      Waktu awal2 sih sabunnya pake sabun dove yang batangan, sekarang pake sariayu yg putih langsat. Kalo bedak pake Marcks, soalnya ringan banget di wajah aku. Toner aku juga pake, yg viva green tea. Itu ga bikin perih dimuka aku..

      Delete
  3. Iya kak😂😂 ohiya..pake toner nya itu setiap abis apa ya kak? Sblm pemakaian vitacid atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku pake toner sebelum tidur, vitacidnya dipake setelah toner. Tapi jangan langsung tidur ya, kalo bisa satu jam sebelum tidur dipakenya

      Delete
  4. Replies
    1. Tapi kalo lagi period muncul lagi jerawatnya 😒😒

      Delete
  5. Klo pke vitacid boleh pke toner dari cuka apel ga ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bole tau km pake vitacidnya brp lama baru ngefek? Trus purging nya brp lama?

      Delete
    2. Aku pake vitacid dari oktober 2017. Sampe sekarang masih pake, cuma udah ga setiap malem.. Hehe.. Purgingnya sekitar 2 bulanan apa ya, aku lupa..

      Kalo boleh pake cuka apel atau engga, aku juga kurang tau. Aku dulu juga pengen nyoba sih, tapi ya serem juga.. Soalnya kulit kan ngelupas, takut perih atau takut ada efek lain..

      Delete
  6. Jerawat batu dan nanah bs hilang gk? Aku wjahnya brbinyak buangetttzzz.... Tp smnjak maskeran ertor wajah aq gk brminyak lgi. Jujur minyqknya ntah kemana. Jerawatpun dikit.. Blas yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kak baru balas. aku tipe jerawatnya bukan jerawat batu sih, jadi kurang tau juga. Kalau udah cocok maskernya ya udah terusin aja kak.. :)

      Delete
  7. Kalau pake vitacid, milia bisa ilang ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok. Cuma hati2 aja kalo posisinya persis di bawah mata

      Delete
    2. Emang kalo dibawah mata kenapa kak,saya ada yg dibawah mata soalnya

      Delete
  8. Kalau pake vitacid, milia bisa ilang ga kak?

    ReplyDelete
  9. Ka saya tuh takut banget buat coba2 karna takut jerawatnya makim parah. Kalau vitacid ini boleg gak sapa pake di 1 spot dulu buat liat gmn hasilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jangan pake semuka dulu. Tapi lebih baik kalo jerawatnya parah dan takut nyoba2, coba konsultasi ke dokter aja kak

      Delete
  10. Replies
    1. Aku dari dulu ga pernah pake moisturizer kak. Mohon jangan ditiru. 🤣

      Delete
  11. Hai kak, kalo pake vitacid nya cmn dibagian yang jerawatan sama komedo (tidak di semua wajah) gpp aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gapapa, cuma dulu aku ga berani lama2 pake di hidung soalnya ngelupas2. Hindari bagian pinggir hidung, soalnya pasti perih.

      Delete
  12. Heyy ka, kalo pake vitacid nya di idung aja krna idung ak ada komedo nya gmna kak ?? Trus bagian smping idung juga kyaknga ada komedo trpndam sih ..mau coba pake vitacid tpi msih tkut..mau kdokter juga psti dsruh pake krim²nya krna slma ini ak juga gk pke krim²an sih hehee pak facialwash aja ..mohon jwabannya ka ..trimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bagian pinggir idung hindari ya. Soalnya bakalan perih banget. Aku dulu ga berani lama2 pake dihidung soalnya ngelupas2.. Aku sampe sekarang juga masih bermasalah sama komedo sih. Coba rajin2 discrub aja deh.

      Delete
  13. Kak jadi malem nya di pke full semuka vitacid nya? trus paginya gk pke moustrizer dll ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semuka. Tapi sekarang udah gak pake lagi.

      Delete
  14. Hallo .. aku pengguna vitacid jugaa cuma baru baru ini , nah aku awalnya pake kadar yg paling rendah itu purging sih lumayan ga ada jerawat muncul juga , nah aku penasaran naikin kadarnya jadi 0,5 ko malah bikin jerawat aku muncul lg ya kak ?? Enaknya aku balik lagi ke kadar rendah atai ttp di kadar 0,5 mungkin lama lama hasilnya bagus :(

    ReplyDelete
  15. Hai kak.... Ini klo buat bekas item2 krna gigit nyamuk bisa gak ya???

    ReplyDelete
  16. Halo ka saya anisa tadinya sya cman jrawat kcl2 n brutusn aja ekh pke vitacid kok tambah bnyak ea apah itu wajar aku brenti pke vitacid mlah msh ttp muncul jrwt vitacid ketergantungan ga sih

    ReplyDelete
  17. Kira2 ampuh mana ya ka vitacid ini sama acne spot gel contoh nya kaya acnes,acnol atau yg lain2 karna aku mau nyoba tapi takut ngelewatin masa purging nya 😭

    ReplyDelete