Thursday, September 20, 2018

Asian Games 2018 Bagian dari Perjalanan: Bertugas Ketika Opening Ceremony

Assalamu'alaikum Wr. Wb teman-teman semua, 
Cerita kali ini dan beberapa artikel kedepan adalah cerita yang paling saya nanti-nantikan untuk dibagikan ke teman2 semua. Namun cukup sulit untuk memilih dan memilah cerita mana yang akan saya tuliskan karna memang setiap hari selama Asian Games berlangsung selama 18 hari, ada-ada saja kejadian menyenangkan maupun kurang menyenangkan yang dialami. Tapi ga mungkin dong bisa diceritakan semua.
Grup venue kami sebenarnya ditempatkan di cabang olahraga rugby (selanjutkan singkat saja menjadi cabor), dimana pertandingan rugby hanya berlangsung selama 3 hari saja, walaupun tentunya ada hari-hari sebelum pertandingan yang digunakan untuk persiapan. Sangat berbeda dengan pertandingan cabor-cabor lainnya yang bahkan dimulai sebelum pembukaan AG. Kami satu tim cukup kecewa, mengingat perjuangan untuk menjadi volunteer yang cukup panjang namun berakhir dengan waktu kerja yang singkat. Akhirnya kami memohon kepada leader tim kami, bahkan kepada ketua venue GBK untuk mengoper kami ke cabor lain selama tidak bertugas. Kami tidak bisa mendapat jawaban secara langsung. Namun doa-doa kamipun didengar. Kami mendapat kabar bahwa diperbantukan di venue golf, namun karena satu dan lain hal, kami akhirnya ditempatkan divenue Aquatic hingga sebelum waktu pertandingan rugby dimulai. Kami merasa berterimakasih karena permintaan kami dipenuhi. 

Tidak sampai disitu saja, kami mendapat kabar baik lainnya bahwa volunteer venue yang ada dijakarta diperbantukan untuk opening Asian Games (ini bener-bener membahagiakan gengs). Iya, kami diperbantukan di acara yang paling spektakuler di Indonesia, bahkan dunia luar pun mengakui betapa suksesnya acara tersebut. Kami bertugas tidak hanya pada hari h saja, namun juga pada rehearsal. Untuk persiapan, kami melakukan simulasi pada hari menjelang rehearsal dilaksanakan. 

Rehearsal
Selama rehearsal, kami ditempatkan pada zona-zona tertentu dan bertugas untuk menyambut tamu/penonton yang datang dan juga membantu mereka jika mereka ingin menanyakan sesuatu atau mengalami kesulitan. Kebetulan, saya dan beberapa teman-teman lainnya ditempatkan di zona kaka (buat teman-teman yang sempat dateng pasti tau dong zona kaka dimana 😁). Zona kaka merupakan jalur yang menghubungkan secara langsung dengan pintu masuk ke stadion utama dimana opening akan dilaksanakan. Untuk rehearsal, open gate dilakukan sekitar pukul 3 sore. Ada beberapa kejadian yang kurang menyenangkan gengs sebelum rehearsal berlangsung. Saya dan beberapa teman-teman yang berdiri sebelum gerbang menuju pintu masuk stadion harus merasakan kena semprot dari beberapa tamu undangan. Saya sendiri pada saat itu dihampiri oleh bapak-bapak yang sudah sangat emosi, yang ditemani juga oleh istrinya merasa kesal dengan sistem penukaran tiket yang bertele-tele dan tempat penukaran yang jauh. Kami sebagai volunteer tidak di briefing sebelumnya mengenai hal ini, sehingga kami melaporkan pada ketua (bukan leader di tim volunteer kami ya) dan memutuskan untuk mengantarkan sepasang suami istri tersebut menuju tempat penukaran. Tidak hanya mereka, masih banyak yang merasa kecewa dengan masalah penukaran tiket, padahal sebenarnya untuk rehearsal ini tidak perlu dilakukan penukaran tiket. Wah, saya merasa ini benar-benar miskomunikasi yang sangat merugikan penonton. Namun saya merasa bersyukur bahwa ini masih rehearsal, belum acara yang sebenarnya. Kejadian tersebut juga tidak mengurangi semangat kami dalam bertugas. Yaa walaupun lumayan lelah juga berdiri cukup lama dari pukul 3 sore hingga jam 10 malam.

Ketika acara rehearsal dimulai, kami yang bertugas di luar bisa mendengar sedikit-sedikit kehebohan didalam stadion utama. Walaupun tidak bisa melihat acara secara langsung, kami merasa senang terutama ketika kembang api dinyalakan. Kembang apinya sangat spektakuler, bagus banget!! Kami yang berada di luar merasa takjub, apalagi yang berada di dalam stadion. Saya denger-denger, untuk kembang api saja menghabiskan dana yang cukup besar. Pantas saja kembang apinya begitu luar biasa. Ini baru rehearsal lho, belum acara yang sebenarnya. Acara selesai pukul 9-10 malam, dan kami volunteer yang bertugas juga kembali ke rumah masih-masing.

Opening Asian Games 2018
Jeng Jeng Jeng... Akhirnya acara opening yang sebenarnya telah tiba. Kami tidak sabar datang ke GBK dan menjalankan tugas kami di sana. Kami harus tiba di lokasi pada pukul 14.00-15.00 WIB. Ternyata, sesampainya di GBK dan berkumpul dan teman-teman volunteer, ada kabar baik lagi yang kami terima. Kami yang selama rehearsal bertugas di luar gerbang stadion utama tempat opening dilaksanakan, dipindahkan kedalam gate walaupun tidak di dalam stadion. Kami merasa senang dengan perubahan lokasi tempat kami bertugas ini, karena kami berfikir paling tidak bisa mengintip acaranya walaupun sebentar. Hihihi. Namun walaupun begitu, kami baru bisa menuju ke dalam gate setelah maghrib, dan sebelum itu kami tetap bertugas di luar gate seperti saat rehearsal. 

Pukul 15.00 sudah sangat banyak tamu yang berdatangan, baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Sudah banyak penonton yang masuk, namun banyak juga yang masih berada di luar sembari meilihat-lihat dan berfoto. Ada juga segerombolan orang-orang yang berasal dari Korea yang datang dan ketika kami menyapa, mereka sangat ramah dan terlihat senang. Di zona tersebut juga ramai dengan stand-stand jualan yang sudah resmi ataupun produk-produk dari sponsor. Para penonton yang masih berada di luar juga banyak yang meminta tolong untuk mengabadikan foto kepada kami.

Akhirnya tibalah waktu istirahat maghrib, kami para volunteer diberi waktu untuk istirahat makan dan sholat. Kemudian selepas istirahat, saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Kami diminta untuk masuk ke dalam gate dan dijelaskan bahwa tugas kami adalah menunjukkan jalan keluar kepada penonton ketika acara selesai. Karena tugas kami dilaksanakan saat acara selesai, akhirnya kami menunggu. Namun senang sekali bahwa di tempat kami berugas merupakan tempat berkumpulnya para penari sebelum mereka masuk ke dalam stadion dan menunjukkan atraksi mereka. Kami sempat mengambil beberapa foto maupun video dari para penari. 
Nah, kira-kira di sekitar sini kami berjaga
Foto bersama penari Opening Asian Games 2018
Sebenarnya ingin sekali masuk dan menyaksikan sebentar seperti apa sih opening ceremony nya. Apalagi mendengar kehebohan yang semakin jelas karena bertugas di dalam gate. Tapi saya pribadi gak berani nyoba sih, karena memang sebenarnya kami tidak diberikan akses untuk ke dalam. Jadi ya, saya cuma bisa liat dari pintu masuk penarinya. :( 
Cuma bisa lihat dari sini aja guys.. :(
Sekitar pukul 9-an, para penonton mulai keluar dari venue. Nah, kami para volunteer mulai bertugas. Kami berjejer dari pintu keluar venue hingga gerbang/gate, kemudian kami para volunteer mengucapkan "terimakasih", "selamat malam", "hati-hati dijalan", dan lain sebagainya. Kami lebih banyak menggunakan bahasa walaupun kepada penonton asing sekalipun, untuk mengenalkan Bahasa Indonesia kepada mereka. Pasti kita familiar dong dengan ungkapan "thank you", atau "anyeonghaseo"? Nah, misi volunteer juga untuk menyebarkan budaya dan Bahasa Indonesia biar lebih dikenal dunia gengs. Kami merasa bahagia, karna para tamu sangat salut dan merasa terharu melihat para volunteer yang sengaja menyambut mereka ketika keluar dari venue. Bahkan banyak yang meminta foto bersama dengan kami. Dari banyaknya jumlah penonton yang keluar dari venue, ada beberapa yang berasal dari kalangan artis seperti Zaskia Adya Mecca, beberapa personel Nidji, ataupun youtuber Ria Richis. Tapi cukup melelahkan juga sih, karna penonton yang terus menerus keluar dari venue dan rasanya gak abis-abis.. Hahaha. Tapi lelah kami terbayarkan karena melihat wajah-wajah penonton yang merasa sangat puas. Mengingat opening ceremony yang sangat luar biasa dan merupakan acara yang spektakuler yang mampu membuat dunia kagum terhadap Indonesia.  

Nah, itulah pengalaman yang kami lalui selama rehearsal dan opening ceremony. Untuk cerita selanjutnya, semoga segera di update ya gengs. Gak tau deh bakalan bikin cerita berapa jilid, mengingat banyak hal yang kami lalui selama Asian Games 2018. Untuk artikel sebelumnya, bisa diliha di sini ya gengs Persiapan Asian Games. Terimakasih udah mampir. Jargon dulu yuk!


~ASIAN GAMES 2018: ENERGY OF ASIA~





0 comments:

Post a Comment